Oleh: dakwahafkn | 13 April 2012

Proposal Safari Dakwah dan Khitanan Massal 2012

Dokumentasi AFKN: Khitanan Massal 7.500 Orang Tahun Lalu

PENDAHULUAN

Sejak berdiri tahun 1999, Al Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) berkomitmen dalam aktivitas dakwah, pendidikan, dan sosial. Dakwah di tengah masyarakat, khususnya di masyarakat Nuu Waar (Irian Jaya) merupakan program utama AFKN. Melalui para dai-dai yang menyebar di beberapa daerah pedalaman Nuu Waar, AFKN berusaha mengukuhkan sayap dakwah demi kejayaan Islam di bumi Indonesia paling timur. Kerja dakwah di pedalaman, bukan perkara ringan. Berdasarkan pengalaman di lapangan, dakwah Islam berhadapan langsung dengan agama lain yang juga berkepentingan. Tapi dai-dai AFKN tak pernah surut, mereka yang mayoritas adalah putra daerah mampu mengembangkan sayap dakwah di Nuu Waar.

Sementara itu dalam bidang pendidikan dan sosial, AFKN bersungguh-sungguh dalam upaya mencerdaskan generasi muda Nuu Waar. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan dalam bidang ini adalah membawa anak-anak dari Nuu Waar ke Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan bermutu.  Hingga pada saatnya nanti, generasi ini lah yang akan membawa kemajuan di Nuu Waar dengan ilmu dan nilai-nilai Islam yang menyejukkan. Bagi AFKN, program ini harus terus berjalan. Sebab, di sinilah sesungguhnya kunci perubahan itu bisa dilakukan. Perubahan yang mungkin tidak terjadi dalam waktu singkat, namun perubahan jangka panjang yang akan membawa dampak besar bagi kemajuan sebuah negeri yang dicap tertinggal, gemar perang suku, dan lain sebagainya oleh dunia luar.

Kami yakin, hanya dengan dakwah wajah Nuu Waar akan cerah. Itulah makanya AFKN sangat serius mencetak kader-kader dai, terutama putra daerah, yang siap terjun di daerahnya masing-masing.

Tak cuma sebatas lisan, komitmen AFKN dalam dakwah juga dibuktikan dengan melakukan pemberdayaan di tengah masyarakat. Misalnya dengan memberikan perahu agar masyarakat bisa berdaya untuk mencari ikan ke laut sebagai penghidupan mereka. Kemudian lagi dengan menjualkan produk-produk masyarakat ke luar Nuu Waar, seperti produk Keripik Ubi, Sarang Semut, Buah Merah, Pala, dan lain sebagainya. Tentu saja harapannya adalah selain memperkenalkan produk khas negeri Nuu Waar, juga sebagai penghasilan masyarakat.

Kali ini, dalam rentang waktu Mei hingga Juni 2012, AFKN akan memfokuskan pada program Safari Dakwah dan Khitanan Massal. Program tahunan AFKN ini serentak akan dilakukan di beberapa kabupaten, seperti Fakfak, Kaimana, Bintuni, Sorong, Raja Ampat, Wasior, Asmat, dan beberapa kabupten lainnya. Pendekatan dakwah seperti ini terbilang cukup efektif, sepanjang pengalaman AFKN. Tak jarang, saat program ini berlangsung di sebuah daerah, hidayah Allah datang pada masyarakat yang belum mengenal Islam. Kerja nyata, ikhlas, dan bersungguh-sungguh merubah masyarakat adalah hal yang membuat masyarakat yang belum mengenal Islam tersentuh. Mereka yakin dan percaya, bahwa Islam-lah yang memang bersungguh-sungguh bekerja untuk perubahan. Sementara, agama lain bekerja hanya untuk menambah jumlah, tanpa memperhatikan kualitas manusia dan lingkungannya.

Aktivitas di atas hanya sekelumit dari banyak hal yang ingin kami lakukan. Namun sebagai lembaga dakwah, langkah besar kami kadang tertunda dengan persoalan logistik dan transportasi. Maka itu, AFKN mengajak kepada seluruh kaum Muslimin dan Muslimat, baik di Indonesia maupun mancanegara, untuk bersama-sama bergandengan tangan dan merapatkan barisan bersama-sama dalam kerja besar ini. Kami yakin, pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’la akan datang saat kita bekerja berjamaah untuk meninggikan kalimat Allah. Kami juga yakin, siapa yang mengurus agama Allah, maka Allah pun akan menguruskan kehidupan kita.

NAMA PROGRAM

Program ini bernama “Safari Dakwah dan Khitanan Massal 8.000 Orang untuk Masyarakat Pedalaman”.

WAKTU PROGRAM

Program ini akan berlangsung selama 2 (dua) bulan. Dimulai sejak bulan Mei hingga Juni 2012.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan program Safari Dakwah dan Khitanan Massal ini diadakan, yaitu:

  1. Menjalin silaturahim dengan masyarakat Muslim Nuu Waar di pedalaman.
  2. Memperkenalkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin dengan kerja nyata, ikhlas, dan bersunguh-sungguh untuk perubahan masyarakat.
  3. Meneguhkan dan menguatkan akidah masyarakat Muslim di pedalaman Nuu Waar agar tidak terpengaruh dengan ajaran lainnya.
  4. Memfasilitasi masyarakat Muslim Nuu Waar untuk menjalankan syariat Islam berupa berkhitan.

SASARAN PROGRAM

Program Safari Dakwah dan Khitanan Massal ini akan difokuskan di beberapa kabupaten, antara lain: Sorong Selatan, Asmat, Bintuni, Fakfak, Kaimana, Raja Ampat, Wasior, Manokwari, dan Nabire.

Dengan target peserta khitanan massal sebanyak 8.000 orang yang  terdiri dari anak-anak Muslim dan Muallaf.

BENTUK PROGRAM

Bentuk-bentuk program yang akan dilakukan, yaitu:

1. Safari Dakwah

Berupa pengiriman dai-dai ke pedalaman Nuu Waar untuk menyampaikan ceramah dan tausiyah di tengah masyarakat.

2. Khitanan Massal

Dilakukan di beberapa kabupaten dengan target peserta 8.000 orang. Kegiatan ini dibantu oleh dokter dan tenaga medis dari daerah setempat.

3. Pengobatan Gratis

Berupa layanan pengobatan dengan metode Thibbun Nabawi (Pengobatan ala Nabi), seperti bekam, akupuntur, kiropraktik, dan pemberian herbal. Kegiatan ini akan melibatkan tenaga herbalis santri AFKN dan mahasiswa Institut Thibbun Nabawi Indonesia (INTI).

4. Pembagian Pakaian Layak Pakai

Pakaian berupa baju wanita, baju pria, baju anak-anak, mukena, baju koko, celana, dan sebagainya dibagikan secara percuma kepada masyarakat. Pakaian tersebut dikumpulkan dari umat Islam di dalam dan luar negeri.

5. Bimbingan Para Muallaf

Berupa pembinaan ruhani bagi masyarakat yang baru masuk Islam. Diharapkan dengan bimbingan ini dapat memperluas wawasan keislaman para muallaf dan menguatkan aqidah.

PENUTUP

Demikian  rancangan kegiatan ini kami susun. Besar harapan Bapak/Ibu dapat berpartisipasi  dalam program Safari Dakwah dan Khitanan Massal. Semoga dengan kegiatan ini harkat dan martabat hidup penduduk negeri ini yang berada di pedalaman dapat terangkat. Semoga rencana ini diberikan kemudahan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Jakarta, 01 April 2012

Al-Fatih Kaaffah Nusantara

M. Zaaf Fadzlan Rabbani Garamatan                              H Muhammad Said Asso

Ketua Umum                                                                                    Sekretaris Umum


Responses

  1. gmn cara ikut partisipasi ?

  2. Pada hari Jumat, 27 April 2012 saya berkesempatan mengikuti pengajian yang diadakan di kantor DPW Muhammadiyah Yogyakarta yang mengundang Ustad Fadzlan Garamatan sebagai pembicara. Subhanallah..ternyata ada orang yang begitu ikhlas dalam berdakwah. Semoga Ustad selalu diberi kekuatan dan kesehatan oleh Allah, dan yayasan ini semakin berkembang. Amin

  3. Assalamu’alaikum Wr Wb…
    Mohon diinfokan nomer rekening Yayasan AFKN agar kami dapat menyalurkan shadaqoh untuk kelangsungan dakwah di NuWaar.
    Sekaligus saya mohon ijin untuk share info nomer rekening tersebut ke teman2 saya yang punya niat serupa. Terima kasih.

    Wa’alaikum Salaam Wr wb

  4. Subhaanallooh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: