Oleh: dakwahafkn | 30 Agustus 2012

AFKN Cetak Generasi Perubahan Melalui SSMT

Tepat pada 5 Syawal 1433 hijriyah atau 23 Agustus 2012 masehi, Al-Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) menggelar Syawal Study Motivation Training di Villa Alamanda, Jl Pasir Kuda, Bogor, Jawa Barat. Acara ini resmi dibuka oleh Staff Ahli Menteri Kehutanan Bidang Sosial Budaya, Dr Ali Taher Parasong. Pada tahun ini, acara yang dilaksanakan setiap awal bulan Syawal ini diikuti oleh 300 orang santri AFKN yang baru saja datang dari Nuu Waar (Irian Jaya).

Menurut Ustadz Fadzlan Garamatan, Ketua Umum AFKN, acara yang sudah beberapa kali dilaksanakan ini dalam rangka memberikan dukungan dan inspirasi kepada anak-anak Nuu Waar. “Agar mereka dapat memposisikan diri sebagai anak bangsa Indonesia, sekaligus umatnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam,” ujar Ustadz Fadzlan. Dengan memahami posisi demikian, anak-anak Muslim Nuu Waar ini bisa berpacu untuk membuat sebuah kekuatan yang dilandasi dengan pendidikan dan keimanan untuk mengubah keadaan yang saat ini dihadapi oleh masyarakat Nuu Waar yang secara informasi dan historis diidentikan sebagai daerah tertinggal.

Bagi Ustadz Fadzlan, perubahan diri dan keadaan negeri mereka hanya bisa dilakukan oleh mereka sendiri yang memahami kondisi alam dan budaya di daerah asal. Untuk menunjang perubahan yang berarti, maka diperlukan pendidikan yang memadai pada generasi muda asal Nuu Waar.

Sementara itu, Dr Ali Taher di hadapan santri AFKN asal Nuu Waar memberikan motivasi untuk berprestasi. “Optimisme adalah investasi terbesar dalam membangun peradaban. Maka, sikap ini harus selalu kita tumbuhkan,” terangnya. Ia menyampaikan rasa bahagianya bisa bersama-sama generasi Nuu Waar yang akan menjadi agen perubahan. Bahkan, ia bersama juga keluarganya akan ikut membantu cita-cita AFKN dalam melakukan pembinaan terhadap generasi Nuu Waar.

Menurut Ali Taher, tanggung jawab pembinaan terhadap umat adalah tugas seluruh anak bangsa, tak terkecuali. “Bagi kita yang sadar ini merupakan bagian dari ibadah yang amalnya tak pernah putus,” ujar Ali Taher. Hari ini, kata Ali Taher, kita harus berniat agar anak Nuu Waar bisa melakukan perubahan melalui pembekalan pendidikan.

“Pendidikan adalah perubahan peradaban yang paling nyata, terutama perubahan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Saya menyaksikan bahwa betapa banyak anak Irian yang dipoles dengan pendidikan, sikap, dan keterampilan mereka menjadi cerdas,” kata Ali Taher.

Dalam acara yang dilaksanakan hingga hari Ahad, 26 Agustus 2012 ini hadir juga beberapa pembicara, antara lain: Ir Tata Saputra (Direktur Utama PT Lesehan Indonesia), Ustadz Ahmad Husein Dahlan, Lc. MM (Pimpinan Ponpes Daarul Fikri), Ustadz Umar Makka, Lc (Pengasuh Ar-Rahman Quranic College), dan beberapa pembicara lainnya. Untuk materi wawasan nusantara disampaikan oleh Pimpinan Teritorial Angkatan Darat, Mayjen TNI Indra Hidayat.

Selain penyampaian materi, setiap pelaksanaan acara tersebut juga dilaksanakan Musyawarah Nasional Himpunan Mahasiswa dan Santri Nuu Waar (HIMSANI). Agenda dalam musyawarah tersebut adalah laporan pertanggungjawaban pengurus Himsani periode lama dan memilih ketua Himsani yang baru. Alhamdulillah, pada musyawarah tersebut memutuskan kepemimpinan Himsani yang sebelumnya dipimpin oleh Jusman Nortonggo (Mahasiswa PTIQ Jakarta) diserahkan kepada Musa Iribaram (Mahasiswa Universitas 45 Bekasi).* Ahmad Damanik, Humas AFKN


Responses

  1. Asssalamu alaikum wr..wb…
    saya seorang muslimah yang baru saja membuka sebuah pengajian kecil, dengan jumlah santriwan / santriwati sebanyak 10 orang. saya ingin meminta bantuan buku-buku iqra’ serta mushaf untuk anak-anak pengajian saya yang rata-rata berasal dari keluarga yang kurang mampu. adapun data serta dokumentasi pengajian kami akan saya kirimkan.
    wabillaahi taufiq wal hidayah, wassalamu alaikum wr..wb..

    • ‘Alaikissalam wa Rahmatullahi wa Barakaatuh

      Ibu Fatmawati Latif yang dicintai Allah SWT, untuk keperluan Ibu mengenai mushaf al-Qur’an bisa menghubungi rekan saya di Yayasan Wakaf Al-Qur’an Suara Hidayatullah. Cp Bapak Hidayat 081317525826.

      Wassalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: