Oleh: dakwahafkn | 2 Oktober 2012

Kunjungan Bidan dan Perawat AFKN ke Lembaga Zakat

Hari Senin kemarin (1/10), 50 orang santri AFKN yang baru saja menyelesaikan pendidikan di akademi kebidanan dan keperawatan Akbid Sehat Medan, Sumatera Utara melakukan kunjungan secara terpisah ke dua lembaga zakat di Jakarta, yakni: Baitul Maal Umat Islam Bank Negara Indonesia (Bamuis BNI) dan Baitul Maal Muamalat (BMM). Dalam kunjungan itu, ke-50 santri yang sudah menyandangan gelar ahli madya ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada lembaga zakat yang turut serta mendukung dalam hal moril maupun materil selama mereka menempuh pendidikan tersebut.

Mengawali kunjungan ke kantor Bamuis BNI, Ustadz M Zaaf Fadzlan Garamatan yang ikut menemani rombongan mengatakan bahwa kedatangan ini dalam rangka silaturahim, serta menyampaikan rasa terimakasih kepada Bamuis yang telah partisipasi dalam pendidikan mereka. Usai memberikan sambutan, Ustadz Fadzlan menyerahkan kenang-kenangan sebagai bentuk rasa terimakasih itu.  Selain Ustadz Fadzlan, dua orang perwakilan santri juga mengutarakan ungkapan rasa terimakasihnya kepada perwakilan Bamuis BNI yang dihadiri oleh Ketua Badan Pelaksana Harian, H Mukhlis Harun.

“Alhamdulillah dengan dukungan dari Bamuis, kami bisa menyelesaikan pendidikan kami di Medan. Tak ada yang bisa kami balas, kecuali doa untuk kelancaran Bamuis,” tutur perwakilan santri.

Sementara itu, H Mukhlis Harun yang menerima para santri menegaskan bahwa Bamuis BNI tidak mengharapkan apa pun dari dukungan ini. “Tugas Bamuis adalah bagaimana mengelola dana zakat dari pegawai BNI untuk kepentingan umat. Dan, tugas itulah yang kami jalankan,” jelas H Mukhlis Harun yang juga pensiunan dari BNI.

H Muklis Harun, Ketua Badan Pelaksana Yay Bamuis BNI

H Muklis Harun, Pimpinan Bamuis BNI

 

Namun demikian, tambah Mukhlis, ada hal yang harus dilakukan para santri. “Pertama, manfaatkanlah ilmu yang sudah Anda dapatkan ini untuk kepentingan umat, terutama di Irian Jaya. Layani seluruh masyarakat dengan baik, tentu saja dalam bidang kesehatan tidak saja umat yang beragama Islam. Kedua, jika suatu saat nanti Anda sudah punya penghasilan dan mampu, tunaikanlah zakat, infaq, dan sedekah. Jangan lupakan hal ini,” imbuh Mukhlis di hadapan para santri.

Usai menerima para santri, H Mukhlis Harun juga mengutarakan bahwa program yang dijalankan oleh AFKN sangat bagus. “Program yang dijalankan oleh AFKN banyak yang cocok dengan dengan sasaran penyaluran zakat dari Bamuis BNI, seperti: bantuan pendidikan, pembuatan kubah masjid, dan lain-lain,” terang H Mukhlis Harun kepada www.dakwahafkn.wordpress.com. Tak heran hingga kini, kerjasama AFKN dan Bamuis BNI sudah berjalan kurang lebih 23 tahun.

Isnaini Mufti Aziz, Direktur BMM

Isnaini Mufti Aziz, Direktur BMM

Usai berkunjungan ke Bamuis BNI, rombongan juga silaturahim ke kantor BMM di Palmerah, Jakarta Barat. Dalam sambutan pembuka, Ustadz Fadzlan mengutarakan bahwa untuk memperkuat gerakan dakwah di Nuu Waar, AFKN berupaya untuk mencetak bidan, guru, tentara, dan polisi. “Dengan mencetak kader dakwah pada lapisan profesi tersebut dakwah menjadi semakin kuat,” ungkapnya. Untuk itu, tambah Ustadz Fadzlan, ia mengajak BMM untuk dapat berkontribusi dalam program dakwah di Nuu Waar.

Direktur BMM, Isnaini Mufti Aziz yang menerima kunjungan ini mengatakan, “Insya Allah, kita akan support dakwah ini semampu kami. Tantangan dakwah kita memang besar, tapi bagaimanapun kita harus berusaha berbuat. Kalau bukan kita yang berbuat siapa lagi,” gugahnya di hadapan para santri.

Selain ke beberapa lembaga zakat, insya Allah para santri juga akan melakukan kunjungan ke Pesantren Daarul Fikri di Cikarang, kantor majalah Suara Hidayatullah, dan kantor koran harian Republika. “Ini dilakukan agar para santri yang baru lulus pendidikan ini mendapat banyak khazanah ilmu dan wawasan,” ujar Ustadz Fadzlan Garamatan.* Humas AFKN


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: