Oleh: dakwahafkn | 6 Januari 2013

AFKN Fakfak Gelar Kemah Dakwah

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Al-Fatih Kaafah Nusantara (AFKN) Perwakilan Kab Fakfak, Nuu Waar menggelar kegiatan Kemah Dakwah, dari tanggal 30 Desember 2013 hingga 1 Januari 2013. Acara yang bertempat di Masjid Nurul Hidayah, Kampung Perwasak, Distrik Fakfak ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang ditujukan untuk kalangan pelajar. Menurut Ketua Panitia Kemah Dakwah, Pihir Kasor, “Untuk kali ini acara dilaksanakan bertepatan dengan tahun baru yang biasanya para remaja mengisi waktunya dengan dengan acara-acara yang kurang bermanfaat. Dengan acara ini, para remaja mendapatkan tambahan ilmu dan wawasan.”

Ketua DKM Nurul Hidayah, Hasan Rumbay dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada AFKN Fakfak yang telah memilih kampung Perwasak sebagai tempat penyelenggaraan acara. “Acara ini memang unik, kemah yang biasanya menggunakan tenda, tapi kali ini justru menggunakan masjid sebagai pusat kegiatan.” Ia berharap, tambah Hasan, AFKN Fakfak bisa menyelenggarakan kembali acara ini di Perwasak.

“Selain positif dan bersifat relijius,  acara ini dapat menambah ilmu dan wawasan para remaja,” tegas Hasan Rumbay di depan para peserta dan panitia.

Sementara itu, Ketua AFKN Fakfak yang diwakilkan oleh Haji Jabaruddin, dalam sambutannya mengatakan, “Salah satu fokus kegiatan AFKN adalah pembinaan terhadap generasi muda Muslim Nuu Waar, tidak saja di Fakfak, melainkan juga di beberapa kabupaten yang ada di Nuu Waar. Sehingga dengan pembinaan itu kelak Nuu Waar akan bangkit dengan generasi muda Muslim yang berkualitas dalam hal ilmu dan agama. Dan, Kemah Dakwah ini merupakan bagian dari fokus AFKN” Tidak cuma Kemah Dakwah, tambah Jabarudin, AFKN juga kerap melaksanakan khitanan massal, pengiriman dai, pembagian al-Qur’an, dan juga pengiriman pelajar ke pulau Jawa.

Acara Kemah Dakwah kali ini diikuti peserta sebanyak 85 orang, dengan jumlah mentor 20 orang yang merupakan lulusan Akademi Kebidanan dan Keperawatan Medan, Sumatera Utara. Selama acara, peserta mendapatkan materi dari para pembicara, seperti: Ma’rifatullah (Mengenal Allah), Ma’rifaturrasul (Mengenal Rasul), dan Ghazwul Fikri (Perang Pemikiran). Tidak hanya materi agama yang diberikan. Para peserta juga diperkenalkan dengan khazanah Sunnah Nabi, berupa ilmu tentang pengobatan Nabi, seperti Herbarim (Ilmu tentang Tumbuhan Obat), Manfaat Shalat, Pengobatan ala Nabi (Thibbun Nabawi). Sementara itu, untuk peserta tingkat TK dan SD diberikan materi: Mewarnai, Kaligrafi, Menyusun Huruf Hijaiyah, Mengenal Bulan Islam, dan Wudhu.

Selain penyampaian materi, panitia Kemah Dakwah melaksanakan kegiatan Pelayanan Pengobatan Gratis kepada masyarakat, seperti: bekam, akupuntur, kiropraktik, dan pemberian herbal. Dalam acara itu juga, panitia menyerahkan kepada pengurus masjid berupa buku Iqra sebanyak 100 buah dan mushaf al-Qur’an sebanyak 200 buah.

“Alhamdulillah acara itu peserta sangat antusias dan mendapat respon yang baik dari masyakat. Bahkan, masyarakat meminta agar acara itu dilaksanakan kembali di kampung mereka,”ujar Pihir Kasor menutup pembicaraan.* Ahmad Damanik, Humas AFKN Pusat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: