Program Kerja AFKN

I. Program Dakwah

Melaksanakan dakwah bil lisan dan dakwah bil hal

Ikut terlibat aktif menyelenggarakan pengajian, tabligh akbar, maupun dzikir. Baik sebagai peserta aktif maupun pengisi acara.

Membekali 469 tenaga dai AFKN dengan keterampilan

Menyelenggarakan secara mandiri pelatihan bagi para dai AFKN, minimal 6 bulan sekali

Mengikutsertakan tenaga dai AFKN dalam berbagai pelatihan dan seminar dakwah

Menyediakan fasilitas sarana transportasi badakwah-di-masy-teluk-bintunigi para dai untuk memudahkan aktivitas dakwah di pedalaman.

Memfasilitasi para dai untuk mengelola pembedayaan ekonomi masyarakat yang berbasis masjid sebagai sumber penghasilan bagi para dai.

Membangun perkampungan Muslim yang menjadikan syariat Islam tegak di dalamnya. Rencana pembangunan di Kaimana, Sorong Selatan, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama. Di perkampungan itu akan tersedia rumah yang layak, jembatan, masjid, listrik, air bersih, WC, pelayanan kesehatan gratis, dan sarana pemberdayaan ekonomi.

Menggunakan dana umat Islam untuk membangun masjid di pedalaman Nuu Waar. Sampai saat ini sudah dibangun lebih dari 300 masjid yang dananya berasal dari umat Islam melalui AFKN.

II. Program Pendidikan dan Pengembangan SDM

Menyekolah anak-anak dhuafa, fakir, miskin, dan muallaf ke lembaga pendidikan di luar pulau Nuu Waar. Tujuannya adalah agar kebiasaan lama di daerahnya dicuci bersih.

Memberikan pembinaan secara rutin kepada anak-anak yang disekolahkan oleh AFKN yang kini jumlahnya mencapai 2200 orang, dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Memberikan beasiswa kepada anak dari dana sumbangan umat Islam yang mengamanahkan kepada AFKN.

Menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga yang bisa memberikan beasiswa pendidikan kepada anak-anak Muslim Irian. Saat ini yang perhatian memberikan beasiswa, YBM BRI dan Universitas Indonusa Esa Unggul.

Menindaklanjuti kepengajian-anak-nuu-waarrja sama dengan Universitas Indonesia yang akan memberikan beasiswa pendidikan bagi anak-anak Muslim Nuu Waar yang berprestasi.

Menindaklanjuti kerjasama dengan walikota Banjar, Jawa Barat yang akan memberikan pendidikan gratis bagi anak-anak Muslim Nuu Waar dari tingkat tsanawiyah hingga perguruan tinggi di Banjar.

Terus membuka peluang studi di luar negeri, seperti Timur Tengah dan Asia. Saat ini baru ada 24 orang anak Nuu Waar yang sekolah di Makkah dan Madinah.

Memberikan beasiswa pendidikan pada anak-anak Nuu Waar yang masih bersekolah di daerah asal, seperti yang dilakukan di Kaimana.

Mendirikan Islamic Center di Teluk Patipi sebagai basis pembentukan SDM generasi Muslim Nuu Waar yang berkualitas.

III. Program Pemberdayaan Ekonomi

Menerapkan konsep pemberdayaan ekonomi yang berbasis masjid dan asas ekonomi kerakyatan. Fokus atau sasaran yang menjadi perhatian AFKN adalah masyarakat Nuu Waar yang hmanisan-palamesin-pembuat-saguidup di daerah-daerah peradalaman atau pedesaan.

Membina 115 sentra pemberdayaan ekonomi masyarakat di beberapa daerah binaan AFKN. Saat ini pemberdayaan ekonomi yang dilakukan berupa: Manisan Pala, Sirop Pala, Kerupuk, Abon Ikan, Ikan Asin, Selai Pala, Terasi Udang, Kerupuk Urat Sagu, Sagu, Buah Merah, dan Sarang Semut.

Menjajaki usaha rumput laut dan abon rusa.

Menyediakan fasilitas kerja bagi kelompok pemberdayaan ekonomi, berupa modal dan mesin. yang tanpa pengawet. Yang sedang dijajaki rumput laut. Abon rusa. Peternakan Kambing.

Membuka pasar-pasar potensial di luar Nuu Waar untuk penjualan hasil pemberdayaan ekonomi masyarakat Muslim Nuu Waar. Saat ini telah ada 316 outlet yang menjual hasil pemberdayaan ekonomi.

Menggali potensi-potensi daerah untuk kemajuan ekonomi masyarakat Muslim Nuu Waar, seperti potensi ikan, tanaman, dsb.

Membina ke-Islam-an kelompok-kelompok pemberdayaan, agar hasil yang diperoleh bisa menjadi berkah dengan membiasakan berinfaq.

IV. Program Sosial Kemasyarakatan

Melakukan pengiriman setiap 3 bulan sekali, berupa: baju layak pakai, al-Qur’an, buku Iqra, buku-buku agama Islam, buletin, sabun mandi,dakwah-di-pedalaman-irian odol, sikap gigi, shampo, mesin jahit, kubah masjid, mesir air, pipa, dan lain-lain. Barang-barang ini selanjutnya akan diserahkan kepada masyarakat Muslim Nuu Waar yang ada di perkampungan-perkampungan melalui perwakilan AFKN yang ada di daerah tersebut.

Memfasilitasi pembangunan rumah, air bersih, dan listrik bagi perkampungan-perkampungan Muslim yang masih tertinggal.

Bekerjasama dengan Badan Wakaf Al-Qur’an untuk membangun pembangkit listrik tenaga air sungai (mikrohidro) di perkampungan yang belum masuk aliran listrik.

Responses

  1. Wah…insya Allah akan menjadi sebenar-benarnya cahaya Islam di bumi Nuu Waar. Amin.

  2. subhanalah walhamdulillah wala ilahaillallah Allahu Akbar…
    barakallahu fikum ajmain.

  3. subhanallah Allah tidak akan meninggalkan umat-Nya…..

  4. Moga amal usaha ini menjadi sandaran syariat pengembangan Islam di Papua, dan demi kejayaan Nuu Waar

  5. ALLAHU AKBAR……… maju terus……..

  6. Subhanallah, semoga syariah ditegakan di papua dan juga sebagai contoh untuk pulau-pulau yang lain

    • tingkat kan kesejatraan masyarakat yang lebih maju kalau memang anda ingin sukses kami akan membantu anda untuk maju ke era baru era globalisasi.

  7. teruskan usaha demi kebangkitan islam yg ketiga….ingat hadis nabi tentang panji hitam dari timur…itu berarti islam akan bangkit di bumi timur…insya Allah..

  8. terimksih buat saudraku seiman dan seperjuangan…yang telh mendukung islam di tanah nuaar irian jaya…allhu akbar……

  9. Subhanallah ….., semoga para mujahid tetap di berikan kesehatan dan kekuatan amiiiiiiiiiiiin.

    inilah islam yg sbg agama rohmatan lil alamin…….,

  10. AFKN,yes..

  11. subhanalloh..pingin nangis haru membaca lika liku dakwah islam di papua..tetap semangat saudara/i ku..surga menantimu..

  12. bagaimana saya bisa bergabung dengan afkn berilah kami informasi agar bisa ikut menebarkan islam di bumi nusantara

  13. subhanallah smg dakwah di nuuwar akan terus berkembang dan smkn kuat dan jaya dibwh lindungan allah swt

  14. untuk menjadi relawan di AFKN gmn caranya???

  15. UNTUK PENDIDIKAN DI MUSLIM NUU WAAR. SUPAYA BISA DI BANGAUN SD,SMP,SMA DAN PERGURUAN TINGIGI MUSLIM
    CONTO UNIVERSITAS MUHAMADIYAH PAPUA

  16. coba di buatkan universitas islam di fak-fak sebagai basis muslim papua di sana.
    semoga bisa tercapai AMIN

  17. subhanalllah
    terus berjuang kakkk
    menyiarkan cahaya islammm.,.,.,.

  18. Demi Alloh Azawazalla kalian Lah pejuang Alloh yang hakiki, Semoga Alloh selalu memudahkan jalan kalian sebagai tentara-tentara Alloh

  19. sUBHANALLAH
    SAUDARAKU SEMOGA ALLAH MENGUATKAN PIJAKAN KAKI KITA DALAM BERJIHAD DI JALAN ALLAH, SEMOGA ALLAH RIDLO AKAN USAHA USAHA YANG KITA LAKUKAN, AKAN JIHAD DAN DAKWAH KITA.

    HADI WINOTO
    IT HPA 2011

  20. JZAKALLAHU KHAIR….
    ATAS MAGANG YANG LUUUUARRR BIASA DI RSWN AFKAN, SEMOGA ALLAH MENGUMPULKAN KITA DI JANNANH NYA.

    SEPESIAL BUAT
    USTD FADLAN G
    USTD ABDURAHMAN
    USTD SYIHABUDIEN
    AKHI IMAM
    DAN SANTRI AFKN
    ALLAHU AKBAR !!!!!!!!!!!!!!

  21. MOHON SENANTIASA TERJALIN UKHWAH, AGAR DAKWAH INI …. JIHAD INI…. SEMAKIN BERSINERGI DAN MAMPU DIRASAKAN OLEH UMMAT

    JANGAN TAKUT MELANGKAH
    ALLAH BERSAMA KITA

  22. Subhanallah…..ini semua kerja Allah dan kite berusaha dan Allah yg menentukan….teruskn perjuangan utk menegakkan agama Allah..Jadilah khalifah Allah yg memimpin dan mengimarakkn hukum Allah…ameen ameen ya rabbal alameen.

  23. Assalamualaikum.wr.wb

    Saya Renny , setelah membaca juga mendengar segalah ceritah dakwah di bumi papua ini. saya tergerak untuk membentuk donasi buat muslimah di papua ( 3 jt jilbab buat untuk muslimah papua ) kebetulan hari ini ust Fadzlan berceramah ke Qatar , saya berkenan menjadi mediator /mempublish ke dunia maya / khususnya Fb untuk hal ini , kira2 kemana ato bagaimna prosedure untuk hal ini perlu ijinkah dll …salam Ukhuwah ..wassalm

    • Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

      Ibu Renny yang dirahmati Allah SWT, syukron katsiron atas komitmen ibu untuk membantu dakwah nuu waar. Semoga Allah SWT melipatgandakan rezeki ibu. Salam perjuangan dan ukhuwah dari kami.

      Rekening AFKN
      BCA 0911318031
      an. MZ Fadzlan Garamatan

      Rekening Mandiri
      1540098085941
      an. MZ Fadzlan Garamatan

      Wassalam

      Ahmad Damanik
      Humas AFKN
      +6281385555314

    • ‘Alaikissalam wa Rahmatullahi wa Barakatuh

      Kami sangat senang atas kesediaan Ibu Reny hendak membantu kaum Muslimah di Nuu Waar, tentu bantuan Ibu sangat berharga bagi kami, khususnya kaum Muslimah di Nuu Waar yang menjadi binaan Ustadz Fadzlan. Kami mempersilakan rencana Ibu untuk mempublish hal tersebut ke dunia maya, baik FB, Twitter, atau jaring sosial lainnya. Sebarkan informasi dakwah ini kepada saudara-saudara kita seiman yang lain, semoga menjadi inspirasi. Untuk informasi mengenai dakwah kami, sertakan saja link http://www.dakwahafkn.wordpress.com

      Khusus mengenai, rencana di atas, mungkin bisa dalam bentuk wakaf tunai saja. Sehingga kami di Indonesia tinggal membelanjakan saja uang tersebut dalam bentuk jilbab. Atau jika ingin mengumpulkan dalam bentuk jilbab langsung, kami juga sangat senang hati, kami tinggal menerimanya di Jakarta. Demikian barangkali yang bisa balas dari email Ibu. Mohon maaf jika ada kekurangan. Lebih lanjut kita bisa komunikasi via email.

      wassalam

  24. FB Butik Alma , comfirmasi :

    ******* 3 juta Jilbab untuk saudara kita di Papua *******

    Surah Al-Maa-idah: 2
    “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.”

    Surah Alhujuraat: 10
    “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat. “

    Maka kami mengharapkan support dari umat muslim untuk saudara kita , baik berupa dana yang nantinya akan dibelanjakan dalam bentuk jilbab ataupun dapat juga memberikan jilbab yang masih layak pakai , bisa di kirimkan kealamat sbb :

    Markaz AFKN :
    Jl. Anyelir Barat I Blok J4 No. 10 Pondok Hijau Permai, Bekasi
    email: yayasanafkn@yahoo.co.id
    Contact Person:
    Ahmad Damanik, Humas AFKN /+6281385555314

    Atau trafr ke rek sbb :

    Rekening AFKN
    BCA 0911318031
    an. MZ Fadzlan Garamatan

    Rekening Mandiri
    1540098085941
    an. MZ Fadzlan Garamatan

    Untuk informasi mengenai dakwah di Bumi Papua , silakan lihat /sharing : http://www.dakwahafkn.wordpress.com/
    See More
    Yayasan Al-Fatih Kaaffah Nusantara
    dakwahafkn.wordpress.com
    Menebar Cahaya Islam di Bumi Nuu Waar

    salam
    Renny

  25. Subhanallah…

    mari kita berjamaah, Semangat Menolong Sesama

    Saya siap bantu

    Wassalam

    Rian
    SMS Group

  26. assalammualaikum
    salam sukses dunia akhirat untuk muslim Nuu Waar, semoga bisa menjadi kalifah terbaik di akhir zaman amien.
    saya ingin bertanya apakah sudah ada perwakilan afkn di padang sumatera barat,

  27. assalammualaikum wr wb.
    saya dari fakfak. mau tanya
    bagaimana cara mendaftar dan masuk sebagai anggota di yayasan ini,,,

    terima kasih

  28. assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh…
    salam AFKN “subhanallah walhamdulillah wa laailaahaillallahu allahu akbar,luar biasa. Allah yes, Muhammad yes, Iblis no”
    semoga Allah senantiasa melindungi ustad Fadzlan dan para mujahid mujahidah yang berjuang untuk bumi Allah di Nuu Waar,,, amin ya Robbal alamin…

  29. Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…
    Saya dari Teluk Wondama, mau menyakan apakah di Teluk Wondama sdh ada jaringan AFKN di Teluk Wondama? kalau sdh dimanakah sy bisa menghubungi? karena ada kawan dari etnis asli papua yang ingin mensantrenkan dan mensekolahkan anaknya keluar papua tetapi tdk tau pesantren dan sekolah mana yang bisa beliau titipkan anaknya. Terimakasih

  30. Assalamualaikum wr wb,.
    kami peserta magang traine di jepang ingin sekali membantu ,., apa yang saat ini kira2 di butuhkan untuk dakwah di papua ya akhi?

    • Akhi Anok, insya Allah, awal Ramadhan nanti Ustadz Fadzlan akan berangkat ke Jepang. Antum bisa interaksi langsung dengan beliau mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk dakwah ini. Afwan

      Humas AFKN

  31. allah …,…huakbar

  32. Afkn pusat dimana ya???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: